Reva’s Recurve dan Mika’s Compound

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berada di atas mimbar berkata: “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah!”

(ABU DAUD – 2153)

Pagi ini Mika mulai berlatih panahan lagi di Club Paser, Club yang sama dengan kak Reva. Sejak kemarin sore sebenarnya, tapi karena hujan, belum juga puas terpaksa wasalam. Pagi ini maksa privat sama Coachnya untuk latian, padahal jadwal Coach untuk Club Paser hanya di hari Kamis dan Sabtu, sedangkan hari Minggu ke lapangan Lebo, sebagai tugas PNSnya (istilah saya saja ini..qkqkqk). Betapa semangatnya Mika, memang dari awal berdua, Reva dan Mika latian panahan bersama di Surabaya, tapi karena ada masalah KK mereka harus transfer ke Club Panahan di Sidoarjo agar lebih mudah mengikuti Turnamen antar daerah. Sejak kak Reva sibuk persiapan Porlakab hingga POR SD, Mika terpaksa di istirahatkan sementara waktu, fokus total ke kak Reva.

Hari ini selain latian, kami selaku orangtua di ajak rembukan masalah anak-anak dengan sang Coach, om Gatot dan om Yogi, dan mereka menyarankan Mika beralih ke Compound untuk menggantikan Standart Bow, karena posturnya yang besar, diharapkan power juga menunjang, juga karena kebutuhan atlet Compound untuk kabupaten Sidoarjo sangat minim. Untuk Reva sendiri tetap di Standart Bow untuk di upgrade ke Recurve, selain skill sudah bagus sayang kalo pindah ke Compound karena berbeda tehnik, padahal Reva sangat berminat di Compound, tapi kebutuhan atlet untuk Recurve juga masih minim, toh Reva diuntungkan dapat bermain di dua kategori Standart Bow maupun Recurve. Untuk Turnamen, kategori Standart Bow, hanya ada di skala Nasional saja, untuk Internasionalnya menggunakan Recurve. Perbedaan Recurve dan Standart Bow pada jarak bidik, untuk Recurve sama dengan Compound di atas 50 meter, dan alat panahnya mirip seperti Standart Bow, tapi dari besi seperti Compound dikarenakan jarak bidik yang jauh itu tadi. Berat hampir sama antara Recurve dan Compound, namun untuk kepraktisan lebih simple Compound, sedangkan harga keduanya hampir sama dengan harga sebuah Sepeda Motor..hiks. Inilah namanya Jer Basuki Mawa Bea, namun demi anak dan untuk mengisi kegiatan secara positif, juga sarana penggemblengan mental dan fisik, ya harus ditekati. Lagipula ini olahraga Sunah, semoga selain berolahraga dan mencetak Prestasi juga dapat menabung Pahala..aamiin (insyaallah).

“Sesungguhnya Allah akan memasukkan tiga orang ke dalam jannah karena satu anak panah, orang yang membuatnya dengan tujuan baik, orang yang melemparkannya dan orang yang menyiapkannya. Hendaklah kalian memanah dan berkuda, sedangkan memanah lebih aku sukai daripada berkuda.” (HR Tirmidzi, beliau mengatakan, hadits hasan shahih)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s