Wisuda dan Kawasan

  Tepat seminggu yang lalu, Sabtu (11/06/2016) kak Belva di wisuda, bertepatan dengan kelulusan dan keluarnya nilai UN yang sudah di jadwalkan oleh dinas pendidikan. Sudah banyak sekolah yang mengadakan wisuda sebelum adanya pengumuman kelulusan tersebut, bahkan sekolah SMA kawasan wilayah kami, Sidoarjo sudah melakukan pendaftaran dan tes masuk jauh-jauh hari, yaitu tanggal 3-4 juni. Sejak tahun kemarin, nilai UN bukanlah syarat kelulusan, tapi hasil raport dan ujian sekolah yang merupakan hak Otonomi sekolah berdasarkan standart dari Diknas, jadi sekolah sudah dapat memperkirakan kelulusan anak didiknya, itulah mengapa mereka dapat melaksanakan Wisuda lebih awal dari jadwal Diknas.
  Pendaftaraan SMA kawasan kab.Sidoarjo telah dibuka sejak 30/05 hingga 01/06, dilanjut test mapel 03/06 dan test potensi akademik 04/06, pengumuman hasil dilaksanakan pada 13/06. Pengalaman pertama menggunakan sistem pendaftaraan online PPDB Sidoarjo, sedikit panik dan sport jantung, karena sesekali server down, tidak bisa masuk website, saking hecticnya. Alhamdulillah banyak dibantu sahabat yang sudah punya pengalaman sekolah di negeri. Setelah mendapatkan token, maka token tersebut digunakan untuk memasukkan semua nilai raport yang diminta. Syarat yang diminta hanya nilai raport di atas 7.5 untuk semua mapel, berbeda dengan kawasan Surabaya yang menggunakan passing grade nilai UN. Alhasil pendaftarpun membludak hingga hampir 2000an yang memilih Sman 1 Sidoarjo, padahal pagu hanya 352 saja. Sidoarjo adalah kota kecil yang padat penduduknya namun memiliki sedikit sekolah negeri yang favorite. Pilihan kawasan terbatas hanya SMAN 1, 2, 3, 1 Krian, 1 Taman, 1 Krembung. Dengan pertimbangan jarak rumah dengan sekolah maka kami memutuskan Pilihan ke-1 adalah Sman 1 Sidoarjo dan Pilihan ke-2 Sman 1 Taman.

image

  Sembari menunggu hasil test masuk kawasan, kak Belva disibukkan oleh persiapan Wisuda, tanggal 11/06. Hasil kelulusan dan UN diumumkan oleh Diknas, dan hasilnya 100% Lulus, dan NUN kak Belva adalah 338.5. Kecewa? Pastinya, harapan kak Belva mendapatkan NUN yang lebih tinggi harus kandas. Sebenarnya Nilai UN tahun ini terjun bebas, bahkan di Jawa Timur, 65% siswa mendapatkan nilai UN dibawah SKL (Standart Kelulusan) yaitu 5.5. Mengerikan bukan?, hal ini katanya disebabkan kurikulum yang ambigu antara Ktsp dengan K13, menurut salah seorang teman guru, soal-soal yang harusnya bermodel K13 ternyata lebih banyak berwajah Ktsp (hmm..entahlah). Namun Menteri, pak Anies Baswedan berkomentar walau nilai anjlok namun integritas kejujuran naik hingga 20% (hmm..semoga saja). Berarti kak Belva adalah siswa yang masih lebih beruntung memiliki nilai rata-rata diatas 8.
  Acara Wisuda berlangsung dengan lancar, walau bukan pemilik NUN tertinggi namun kak Belva mendapatkan penghargaan Hafidzah Terbaik dengan hafalan Juz terbanyak yaitu 4 juz (1, 2, 3, dan juz 30)..Alhamdulillah, bangganya kami padamu Nak, hilangkan rasa kecewa mu hanya karena nilai UN yang tidak sesuai harapanmu, Allah justru memberi hadiah lebih berharga dari teman-temanmu yang lain, harus banyak bersyukur ya kak.

image

  Setelah melalui rangkaian test sekolah kawasan dan tanpa didampingi les apapun, finally kak Belva harus ikhlas di terima di Pilihan ke-2 yaitu Sman 1 Taman. Kecewa lagi? Hiks..iya, namun kak Belva berusaha ikhlas, semua sudah takdir terbaik, insyaAllah, jika segala usaha telah di upayakan dan doa-doa pun telah dipanjatkan, Tawakal atas hasil yang diberikan oleh Allah Azza Wa Jalla adalah suatu keharusan. Sman 1 Taman adalah sekolah kawasan di kecamatan Taman, yang letaknya tidak jauh dari rumah kami di kecamatan Waru. Menurut google map tidak jauh, namun jika ditempuh dengan kendaraan roda empat membutuhkan waktu hingga 1jam saking macetnya. Posisi sekolah mepet dengan jalan raya yang dipenuhi oleh bermacam-macam armada besar, maklum daerah industri, banyak pabrik dan pergudangan. Selain polusi udara juga polusi suara, lingkungan sekitar memang kurang kondusif untuk sekolah kawasan ini. Selebihnya sekolah kawasan Sman 1 Taman memiliki program yang bagus, termasuk di dalamnya kelas unggulan atau akselerasi (program 2thn) khusus jurusan IPA dan ini membutuhkan test psikologi lebih lanjut.
  Bukan hendak mengkufuri nikmat, namun berusaha mencari takdir yang mungkin lebih baik, perlu diIkhtiyarkan. Surabaya sebagai tetangga kota akan membuka pendaftaran sekolah kawasan 25/06-27/06, dan test potensi akademik dilaksanakan 30/06. Passing grade kawasan Surabaya turun menjadi 30 (7.5) akibat dari penurunan nilai UN dan tanpa syarat nilai minimum tiap nilai mata pelajaran UN. InsyaAllah kak Belva dengan support kami akan menjajal kembali, walau dengan quota 1%, jika Allah berkehendak maka tidak ada hal yang tidak mungkin. Kami selaku orangtua hanya berusaha mensupport dan memberikan yang terbaik untuk buah hati kami. Karena secara lokasi Sman 15 Surabaya lebih dekat dari rumah dan lebih nyaman karena berada di dalam perumahan. Ya Allah, kami sedang berupaya mengambil kesempatan yang Kau berikan, namun hasil akhir kami pasrahkan kepadaMu, semoga mendapatkan hasil terbaik yang Engkau Ridhoi..aamiin

Hadits dari Imam Turmudzi dan Hakim, diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi SAW Bersabda :“Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a”. (HR Turmudzi dan Hakim)

Advertisements

5 thoughts on “Wisuda dan Kawasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s