Kak Belva dan UNAS SMP 2016

image

 
  “You’re the Driver of your own Car!, Don’t let anyone steal your seat. Start your engine and let nothing stop you from conquering what you want to achieve!!!”

  Hari ini, 9 mei 2016 adalah di mulainya UNAS untuk tingkat SMP dan sederajat. Seperti saat menghadapi UNAS SD, persiapan kak Belva hanya belajar mandiri di sekolah dan di rumah, tanpa LBB, tidak seperti teman yang lainnya. So far, hasil masih mencukupi walau hingga detik terakhir try out (yang katanya lebih sulit dari UNAS aslinya) sedikit di atas passing grade (danem terendah yang diterima sekolah kawasan di Surabaya, untuk Sidoarjo tidak ada passing grade, hanya nilai seluruh mapel wajib di atas 7). Sempat ikut deg-deg an, terbersit rasa khawatir, dan memaksa saya harus segera menyusun strategi.
  SMAMDA, sekolah SMA Muhammadyah 2 Sidoarjo ini, saya pilih sebagai alternatif pilihan buat kak Belva, di samping fight untuk sekolah kawasan yang dipilihnya sendiri yaitu SMA Negeri 1 Sidoarjo. Mengapa SMAMDA, selain sekolah Islam swasta terbaik di Sidoarjo, juga sebagai ancang-ancang jika kak Belva istiqomah mengambil kuliah di kedokteran, FK UnMuh (yayasan yang sama dengan SMAMDA, yaitu Muhammadyah) sebagai cadangan jika FK Unair gagal lolos, siapa tau ada jalur “Golden Ticket”, selain itu dengan bersekolah di swasta tentu fasilitas lebih memadai dan dapat mengexplore segala bakat dan kelebihan kak Belva, juga karena peta persaingan rangking di kelas tidak terlalu berat, ini berhubungan dengan Jalur Undangan PTN (FK rata-rata hanya menerima rangking 3 besar di kelas). Dengan pertimbangan tersebut saya coba mendaftar melalui jalur prestasi (rata-rata tiap semester di atas 85), yaitu jalur ekslusif dimana tes masuknya hanya tes wawancara, tanpa tes tulis dengan waktu yang terbatas (3 hari saja).
  Sekitar 2 minggu lalu sebelum UNAS, kami berdua menjajal tes wawancara. Dengan setengah hati kak Belva berusaha menuruti keinginan mama nya, namun dia memberikan syarat hanya 1 jam, disaat istirahat saja dia mau meninggalkan sekolah (kebetulan tes wawancara di adakan di hari-hari sekolah). Kak Belva tidak ingin melewatkan sedikit pun waktu akibat padatnya Pre-test dan Post-test yang harus dia ikuti. Kak Belva memang anak yang sangat bertanggungjawab, karena dia tidak mengikuti LBB manapun, maka dia merasa wajib mengikuti semua pembahasan di sekolah, agar tidak tertinggal. Kenyataan yang terjadi adalah tes wawancara harus mengantri, tentu saja, jalur prestasi meski di sekolah swasta banyak diminati. Alhasil, kak Belva “mutung” tidak mau mengantri, memilih mengundurkan diri dan mulai menangis di mobil saat kami mulai berselisih mempertahankan prinsip masing-masing. Finally kami, saya, kak Belva dan papanya mengambil keputusan “Win-Win Solution”, kak Belva akan fokus dan fight dulu di SMA Impiannya dan akan mendaftar di gelombang 2 (jalur reguler) untuk SMAMDA, jika memang diperlukan sebagai final exitnya.

image

  Mungkin kita berbeda ya kak, kamu lebih idealis, lebih fokus, ingin fight dulu mengeGOLkan plan A. Sedangkan mama selalu ingin bermain aman dengan menyiapkan double gardan. Kamu hebat, sudah memiliki prinsip yang kuat, seperti kata Will Smith, “There is no reason for a Plan B, it will just distract from Plan A”, tapi mama lebih menyakini kalo kamu berprinsip “You don’t need a “Plan B” when you have faith in Allah” . Mama hanya berusaha mensupport usaha dan doa yang Terbaik, forever and always kak Belva, anakku.
  Selamat berjuang kak Belva, semoga Allah Azza Wa Jalla senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi UNAS dan memberikan hasil terbaik yang di Ridhoi-Nya..aamiin

Advertisements

4 thoughts on “Kak Belva dan UNAS SMP 2016

    • “Iya tante, makanya saya bantu mama buat sekolah di negeri saja murah, uang ditabung buat masuk FK,” Belva said ||hihihi, dari cita2 bayi sampai smp masih istiqomah dokter dek Frany, entah nanti SMA, tapi yang pasti dia ambil penjurusan IPA 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s