Exploration and Communication Reva-Mika

  Hari Sabtu (13/03/2016) sekolah anak-anak, kak Reva dan adek Mika menjalankan agenda tahunan yaitu “Exploration and Communication Project”. EnC ini merupakan ajang mempresentasikan hasil belajar anak-anak selama satu Tema terakhir yang dipelajari. Kebetulan scedule kedua kakak beradik ini hampir bersamaan, kak Reva terjadwal paling awal yaitu pk.07.30, sedangkan adek Mika pk.08.00. Karena jadwal yang berdekatan, akan berpotensi membelah diri jika tidak membawa partner a.k.a soulmate (..halah). Alhamdulillah hubby tidak sedang padat merayap dengan urusan pekerjaan, sebagai sarana training, karena tugas mendampingi adek Mika sebagai anak lelaki satu-satunya, sang papa harus lebih banyak berperan, lagi pula sebentar lagi kak Belva akan lulus dari yayasan yang sama, tentunya saya tidak dapat membagi diri untuk ketiga nya seperti yang selama ini saya lakukan, jika di SMA nanti, kakak ada undangan dengan waktu yang bersamaan tentu kami harus bekerjasama dengan baik.
  Tepat pk.07.15 kami berempat berangkat, cukup berjalan kaki dari rumah ke sekolah, kami langsung menuju kelas kak Reva yang terjadwal lebih dulu untuk tampil. Pk.07.45 anggota kelompok barusaja lengkap dan otomatis waktu yang disediakan 30 menit itu harus siap-siap terpotong 15 menit, atau kalaupun saya yang harus siap-siap meninggalkan tempat untuk pindah ke kelas adek Mika, karena terjadwal pk.08.00. Alhamdulillah dengan 15 menit tersebut kak Reva and Friends dapat menyelesaikan tugas EnC mereka yang berjudul “Siapa yang paling Penting”. Mereka menceritakan ilmu yang mereka peroleh baik mapel PKN, IPA, IPS, Math, dan bahasa Indonesia secara terintegrasi (tematik berdasarkan K13) dalam sebuah Drama tentang pentingnya kandungan Karbohidrat, Vitamin dan Mineral dalam bahan makanan.

  Tepat pk.08.05 kami berempat segera berpindah tempat menuju kelas adek Mika dan semua anggota kelompok sudah siap untuk tampil. Segera ustadzah memulai acara dengan menjelaskan alasan dan tujuan EnC dilaksanakan, selain sarana untuk memberanikan diri unjuk gigi, juga sarana berlatih mempresentasikan hasil belajar, itu yang paling utama. EnC bagi adek Mika yang masih kelas 1 ini memang yang pertama. Adek Mika and Friends ini mengusung tema “The Little Chef” yang masih berkaitan dengan tema terakhir yang mereka pelajari yaitu Entrepreneurship. Sebelum mereka mempresentasikan cara membuat Es Lilin, mereka awali dengan bacaan salah satu surat dalam Al’Quran, yaitu QS Al-Asr, Alhamdulillah lancar. Selesai mereka menjelaskan, saat membuat Es Lilin tersebut, para mama dipersilahkan membantu dan bekerjasama dengan anak-anak, itulah kenapa rekaman video jadi terputus, karena si papa tidak melanjutkan rekaman, saat si mama harus tampil ke depan (..hiks).

  Alhamdulillah rasa syukur dan bangga melihat anak-anak begitu semangat dan menguasai materi pelajaran yang mereka pelajari. Semoga ilmu-ilmu ini tetap abadi dalam ingatan kalian, karena akan selalu berguna dalam kehidupan kalian sampai kapanpun. Terimakasih kak Reva dan adek Mika, sudah menyajikan tampilan terbaik kalian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s