Raportan, Vacation dan Photography

image

A. RAPORTAN
  Sabtu pagi, 19/12/2015 tepat pukul 07.00 sudah berada di kelas kak Belva untuk mengambil raport, kelas masih sepi, sehingga langsung saja saya berkonsultasi dengan wali kelas, ustadzah Ary sekaligus mengambil raport. Alhamdulillah dikelas 9 semester 1 ini, kak Belva masih yang terbaik, begitu pula hasil posttest alias latihan UNas juga terus berada di nomer satu. Tidak banyak yang dikeluhkan ustadzah, track record kak Bel dari kelas 7 memang selalu dapat di andalkan bahkan sebagai tauladan bagi teman-temannya..Alhamdulillah.
  Minggu, 20/12/2015 jadwal raport berada di SD, menuju kelas adek Mika di 1C terlebih dahulu, setelah itu lanjut kak Reva di kelas 4C. Pukul 07.00 tepat, sayalah wali murid pertama yang datang, dan ustadzah Dewi pun sudah siap dan bersemangat membagi raport di kelas 1C. Alhamdulillah, adek Mika mengalami kemajuan yang sangat pesat, jika raport sisipan kemaren di pertengahan semester 1 sempat membuat down, kali ini saya sangat bersyukur. Nilai berdasarkan kurikulum 13, semua nilai teori adek Mika mendapat grade A, sedangkan nilai praktek sebagian mendapat nilai B, untuk hafalan surat dan doa-doa lebih banyak didominasi oleh nilai “E” (excellent). Untuk rangking, dengan alasan kurkas 13 tidak diperkenankan adanya rangking, maka saya hanya bisa mendapatkan informasi bahwa adek Mika ada di rata-rata atas. Mama yakin kamu tidak kalah dengan kakak-kakakmu dek, syaratnya hanya rajin belajar, itu saja.
  Segera menuju ke kelas kak Reva dan disambut dengan ustadzah Sundari, beliau mengungkapkan jika nilai Reva sangat bagus dan membenarkan kabar bahwa Reva menduduki rangking 4 di kelas (Reva sejak hari jumat sudah memperoleh info bahwa dia ada diposisi 4besar dikelas) dan kak Reva di kelas 4 ini juga kembali memperoleh penghargaan Student Profile “Thinker” yang menunjukkan bahwa Reva adalah anak yang pemikir a.k.a pintar atau cerdas.
  Akibat penerapan sistem Kurikulum 13 ini, hasil raport anak-anak semakin melegakan, di ketiga nya memiliki result yang sama yaitu grade “A” di semua mapel yang diajarkan, walau dengan nilai yang berbeda, jadi grade A untuk kak Belva berada dinilai 99, untuk kak Reva 95, namun buat adek Mika cukup 87, hal ini disebabkan karena grade “A” berada di range nilai 99-87. Anak-anak kami jadi terlihat semakin merata kecerdasannya..hahaha, terimakasih pak.Nuh, Alhamdulillah.

image

B. LIBURAN
  Setelah acara raportan selesai, kami segera berkemas dan berangkat liburan menuju Klub Bunga, di Batu, Malang. Hotel yang telah jauh-jauh hari kami booking untuk 4hari dan 3malam telah menanti kami. Sebelumnya kami mampir dulu ke Malang sebagai ritual awal adalah kuliner “Bakso Presiden” yang tersohor di Malang itu, sembari menunggu hotel siap ditempati.

image

  Tiba di Batu pukul 15.00 sore, anak-anak begitu excited melihat kolam renang, setelah masuk kamar dan berganti baju renang, tanpa merasa capek akibat perjalanan dari Surabaya ke Malang, mereka segera masuk kolam..yach namanya juga anak-anak. Dan saya pun siap dengan NIKON, sementara hubby sedang mencoba kamera baru sejenis GoPro bermerk SONY.

image

  Klub Bunga termasuk hotel bintang 4 dengan segala fasilitasnya yang keren, namun sayang playground sedang under renovation, padahal termasuk yang membuat anak-anak antusias. Dari mulai kolam renang, sport center berbagai macam jenis olahraga, taman bermain, juga dekat sekali dengan berbagai destinasi wisata di kota Batu.

image

  Keesokan harinya setelah makan pagi kami segera mencoba sport center dan halaman sekitar hotel sebagai lahan photografi. Kak Belva dan kak Reva lebih tertarik bermain basket, sementara papa dan adek Mika bermain bulutangkis, semua properti kami bawa sendiri dari rumah, inilah pentingnya persiapan, berbekal info dari dewa Google, kami telah menyiapkan semua kebutuhan agar liburan kami berlangsung maksimal dan menyenangkan, hotel ini termasuk mahal apalagi sedang Peak Season, harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.

image

image

  Setelah puas bermain di hotel, hari kedua kami mencoba mencari udara segar dengan berkeliling kota Batu yang lumayan sejuk, apalagi musim hujan, udara nya sangat nyaman walau cuaca sesekali turun hujan, maklum di gunung. Tepat di depan BNS (wisata mirip Dufan yang hanya beroperasi di sore hari) terdapat Taman Kelinci, satu blok dengan Rumah Sosis cabang Bandung. Jelas anak-anak antusias sekali dengan wahana baru ini, kelinci di lepas bebas bermain di taman, dan kami bebas memberi makan wortel dengan tiket masuk per orang cukup 15ribu saja sudah termasuk wortel gratis yang sudah ditentukan jumlahnya, kalau mau nambah, ya musti bayar lagi..hihihi

image

image

  Hari ketiga pagi-pagi sekali kami breakfast dan segera meluncur ke Jatim Park, sarana wisata, bermain, juga tentang edukasi, dan termasuk the famous one di Jawa Timur. Jam 9 mereka baru akan buka operasionalnya, namun antrian sudah mengular, dan berbagai pelajar dari berbagai kawasan Jawa Timur sedang liburan bareng sekolah. Tiket masuk bukan terusan cukup mahal yaitu 80ribu, dan ternyata di dalam banyak sarana permainan yang tidak dapat dimanfaatkan karena adek Mika tidak mau bermain sendiri sedangkan kak Reva tidak diperbolehkan menemani, hanya satu saja permainan yang mereka coba, yaitu pesawat.

image

  Dan kami pun lebih banyak jalan-jalan mengikuti rute yang ada, lumayan banyak wahana pengetahuan untuk pelajar, namun harus sanggup berlama-lama membaca dan mengamati, sedangkan kami, mana mungkin, justru semakin cepat sampai pintu keluar semakin baik. Hampir semua permainan harus mengantri, belum lagi panas, wisata dengan banyak orang seringkali memang tidak menyenangkan..hiks

image

C. Sedikit tentang Photography

image

  Kamera dslr bermerk NIKON D5100 ini kami beli di tahun 2014, sesaat tepatnya seminggu sebelum berangkat vacation ke Amerika-Canada hasil reward kami dari FFI Bendera. Hanya berbekal tutorial dari penjual kamera, kami pun bermain aman di mode “Auto” saja. Hasil memang cukup bagus namun tidak luar biasa. Sepulang dari sana, saya pun penasaran sebenarnya apa sih perbedaan dari mode ini, apa itu “Auto, A, P, S dan M???. Rasa penasaran memaksa saya untuk belajar secara otodidak, baik melalui buku untuk beginner, youtube, terutama socmed Pinterest, yang ternyata banyak sekali ilmu fotografi disana.

image

  Sedikit demi sedikit mulai mengenal istilah Iso, Aperture, dan Shutter Speed sebagai bagian Rule of Third yang merupakan inti dari pelajaran fotografi ini. Bagaimana tentang Depth of Field, Exposure, Metering, Focus Mode, White Balance dan lain-lainnya. Namun tetaplah tidak semudah membalik tangan, teori tanpa praktek adalah omong kosong. Masalah lagi tentang berlatih, bagaimana saya sanggup meluangkan waktu untuk berlatih, jika setiap hari saja harus berjuang membagi waktu dengan baik, jadi terima saja jika saya lambat dalam progres pelajaran fotografi ini, hal ini akibat tidak adanya target juga, tak perlu jadi profesional, maka stay di zona nyaman saja sebagai amatiran..hahaha

image

  Hasil dari foto-foto ini biasanya akan diedit kembali untuk mencapai kesempurnaan #halah, maksudnya agar lebih dramatis, idealnya menggunakan Photosop, yang dulunya saya cukup canggih menggunakan CS 5, saat masih muda dan kuat begadang. Namun giliran fotografi mulai lancar, umur sudah menua tak lagi sanggup dan tidak ada waktu berphotosop ria. Sebenarnya kalo photografer profesional malah tidak boleh menggunakan editing, karena dengan kamera saja hasil sudah harus sempurna. Jadi kesimpulannya, saya memilih Instagram saja sebagai sahabat terbaik dalam editing photo, yach sekalian meramaikan akun IG daripada sepi..hiks

image

  Menuju 2016, impian yang ingin saya capai selain buka Cabang adalah ilmu fotografi semakin canggih, harapannya bisa buka Foto Studio khusus Children Photography sebagai pelengkap Baby Shop kami nanti, semoga semuanya dapat tercapai di tahun depan..aamiin

Advertisements

2 thoughts on “Raportan, Vacation dan Photography

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s