Happy 40th Birthday Hubby

Allahumma tawwil ‘umurana fi ta’atika wa ta’ati rasulika waj’alna min ‘ibadikas salihina. (Ya Allah panjangkanlah umur kami dalam mentaati-Mu, dan mentaati utusan-Mu serta jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang saleh.)

image

  Hari ini, Selasa tanggal 25 November 2014, umur Hubby tepat berada di usia 40 tahun. Alhamdulillah saat ini dalam keadaan Sehat Walafiat tanpa kurang suatu apapun. Doa-doa terbaik dari kami, istri dan anak-anak, semoga semakin Shalih, dapat menjadi Imam dan Tauladan yang terbaik bagi kami, sayang dan sabar, bertanggungjawab, selalu sehat, sukses dunia dan akherat.
   “Life begin at 40” adalah ungkapan yang biasa diucapkan untuk menggambarkan tempo kematangan seseorang manusia bermula pada umur 40 tahun. Penemuan ilmiah terbaru menegaskan bahwa perkembangan otak tidak sempurna (sampai pada batas kesempurnaan) kecuali di penghujung usia 40 tahun. Dan usia ini telah ditetapkan oleh Al Quran 14 abad yang lalu dan Allah Azza Wa Jalla dengan tegas menyebut usia 40 tahun itu haruslah mendapat perhatian,

Allah Ta’ala berfirman,  

حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

“Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.” (QS. Al-Ahqaf: 15)

  Seseorang yang sudah mencapai umur 40 tahun berarti akalnya sudah sampai pada tingkat kematangan berfikir serta sudah mencapai kesempurnaan kedewasaan dan budi pekerti. Sehingga secara umum, tidak akan berubah keadaan seseorang yang sudah mencapai umur 40 tahun.

Al-Tsa’labi rahimahullah berkata, “Sesungguhnya Allah menyebutkan umur 40 tahun karena ini sebagai batasan bagi manusia dalam keberhasilan maupun keselamatannya.”

  Jika melihat dari segi keberhasilan, Alhamdulillah hubby sudah sangat berhasil baik sebagai suami maupun ayah yang sayang dan bertanggungjawab sekaligus sebagai anak yang sukses dan berbakti bagi kedua orangtuanya. Dalam segi materi, sudah lebih dari cukup, memiliki rumah yang sangat nyaman dan kendaraan yang layak untuk kami. Dalam segi karir, Alhamdulillah terlalu banyak prestasi yang tidak dapat disebutkan satu persatu, dibawah kepemimpinan hubby, toserba Dea Wijaya dapat berkembang pesat. Dalam segi ukhrawi mungkin inilah yang patut diwaspadai, sebagai orang yang super sibuk, hubby termasuk jarang sholat dimasjid, melaksanakan kewajiban hanya mampu dirumah atau dikantor saja, kecuali sholat Jumat..hiks. Harapan saya semoga di usia yang matang ini, hubby dapat semakin meningkatkan ibadahnya, menertibkan yang wajib dan menambahkan yang sunah. Dengan segala karunia Allah yang sedemikian besar hendaknya tidak membuat takabur justru sebaliknya harus banyak bersyukur dengan cara beribadah yang terbaik.

Ibrahim al-Nakhai rahimahullah berkata, “Mereka berkata bahwa jika seseorang sudah mencapai umur 40 tahun dan berada pada suatu perangai tertentu, maka ia tidak akan pernah berubah hingga datang kematiannya.” (Lihat: al-Thabaqat al-Kubra: 6/277)

  Semoga apa yang tertulis diatas bukan lantas menjadi putus asa bahkan abai dengan peringatan tersebut, justru ajang pembuktian diri bahwa tidak ada kata terlambat dalam belajar memperdalam agama guna memperbaiki diri baik aqidah, akhlak maupun syariah. Sifat dan Sikap yang buruk dapat dirubah dan harus yakin bahwa Allah Azza Wa Jalla Maha Rahmat dan Maha Pengampun atas semua dosa dan kesalahan kita. Optimis adalah kata kunci, selama masih hidup kesempatan dan semangat untuk perbaikan harus selalu ada dan terus menyala, terutama dalam hal Ibadah. Semoga itu ada padamu Hubby, seorang Suami sekaligus Ayah yang Hebat dari istri dan anak-anak yang menyayangimu..

“You shouldn’t just be yourself. You should be someone better so that Allah loves you more”

Advertisements

7 thoughts on “Happy 40th Birthday Hubby

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s