Happy 18th Birthday DEA WIJAYA Toserba

  

“Hidup tak hanya haha hihi tanpa makna.. Hidup itu perjuangan untuk mendapat makna, menjadi berarti bagi sekitar dan punya nilai dimata-Nya.”

  Hari ini bertepatan dengan tanggal 6 Oktober, usia DEA toserba telah menginjak 18 tahun. Alhamdulillah segala puji bagi Allah Azza Wa Jalla dengan segala rahmat dan karuniaNya telah mengijinkan DEA untuk terus berkarya.

image

image

   Dua tahun terakhir kami mencoba untuk semakin mengoptimalkan Page Dea di Facebook yang sudah kami buat sejak 2010 dan mati suri selama 2 tahun. Dengan strategi baru yang lebih memfokuskan untuk promo kedalam toko, Grosiran Dea yang biasanya lebih melayani trader-trader besar beralih ke trader-trader kecil. Niat dan tujuan yaitu memperluas pasar ke pedagang kecil. Dan hasil yang kami peroleh MasyaAllah lebih dari yang kami bayangkan, selain trader besar yang telah menjadi langganan kami, mulai banyak trader-trader kecil yang bermunculan. Yang paling kami syukuri adalah Anugerah Allah yang mana kami dapat menciptakan trader-trader baru, terutama anak-anak muda dengan modal terbatas tapi ingin mencoba berdagang.

image

  Karena dengan konsep harga yang sama antara membeli product promo 1pc dengan 100pc dengan harapan pembeli tertarik untuk membeli lebih banyak. Jadi intinya kami fokus dengan omset bukan pada profit semata. Berjualan dengan konsep Grosir memang tidak dapat memperoleh profit yang besar, kami hanya mengambil keuntungan dari perputaran uang atau cashflow, jika untung sedikit tapi berkali-kali tentu hasil akhirnya akan besar..InsyaAllah

image

  Melihat hasil dari strategi baru kami bukan berarti tanpa hambatan dan tantangan. Selain karena power of Facebook dan Word of Mouth, Toserba Dea makin Cetar Membahana. Jangkauan keberhasilan Page kami di Facebook hingga ke Kalimantan dan Sulawesi. Namun karena kami tidak memiliki cabang dan belum dapat melayani dengan sistem online atau delivery service, sementara pelanggan terjauh kami yang datang ke toko hanya sampai Blora, Jawa Tengah, dan untuk grosiran besar jangkauan kami hingga ke Jakarta dan Bali.

image

  Namun KESUKSESAN JUGA MEMBAWA TANGGUNGJAWAB YANG SEMAKIN BESAR, dengan berbondong-bondongnya para trader ke toko kami, stok mulai kolaps, berapapun jumlah sold out dalam sekejap, sumber daya manusia pun mulai keteteran, keuangan juga kurang support karena keterbatasan cashflow. Page mulai dihujani komplen-komplen pelanggan.

image

image

  Memiliki Page harus sanggup menjadi bulan-bulanan kritik dan hujat, pernah juga ada yang komentar yang sangat brutal. Kritik mengenai Ibu kami, yang memang masih sering ikut terlibat di toko, kebetulan saat itu kejadian sebenarnya adalah tentang pembatasan pembelian karena memang stok kami sudah menipis dan demi pemerataan, ternyata justru salah satu trader menghujat beliau di Page, dalam waktu belum 1 menit langsung kami delete dan Banned, itulah mengapa moderasi Page sangat diperlukan, bahkan dalam 24jam nonstop. Saat seperti inilah kami harus berterimakasih dengan tehnologi Android yang sudah diciptakan untuk kami yang harus menjejak di Dua Kaki yakni akun pribadi dan Page di Facebook.

  Dari semua tulisan diatas dapat kami simpulkan mengenai SWOT Dea..

A. STRENGTH

    Kekuatan kami ada di inovasi tiada henti, sebagai pioner konsep Grosir di dalam Retail. Dengan kekuatan jangkauan Page kami yang makin luas, likers setiap hari bertambah, insyaAllah pasar masih sangat terbuka lebar.

B. WEEKNESS

image

    Kelemahan kami yang utama adalah Modal, pendanaan yang terbatas, membuat kami kesulitan melayani pasar yang luas dengan baik. Seharusnya modal Bank masih bisa kami dapatkan, dengan reputasi kami yang baik, Bank dengan sangat senang hati mereka akan kucurkan lebih banyak lagi, namun sayang seribu sayang, orang tua tidak merestui kami menambah hutang usaha, karena faktor ketakutan akan bankrutnya Dea. Permasalahan sumber daya manusia selain kami terus memperbaiki sistem loading barang juga menambah pegawai telah kami lakukan, sejauh ini sudah cukup berhasil mengatasi permasalah  loading barang. Yang ketiga Gudang, kami sementara ini hanya mengandalkan Gudang di toko yang sekarang hampir tidak muat lagi, belum lagi Armada yang terus bertambah, sekali lagi kelemahan kami adalah Modal Usaha, bahkan untuk sewa Gudangpun kami belum mampu.

C. OPPORTUNITY
     Page Dea Wijaya di facebook sementara masih menjadi andalan kami untuk memperluas jangkauan promosi, pasar makin meluas, dan itu menjadi optimisme kami kedepan. Terus berusaha memberikan layanan terbaik yang meliputi Harga, Service dan Purna Jual, kami akan mampu bersaing dengan yang lain. Satu Armada kami di awal bulan Oktober ini sudah mulai beroperasi dengan bertambahnya Armada kami berharap tidak akan ada lagi produk promo yang tersendat-sendat distribusinya..aamiin

D. THREAT
     Pengadaan barang dengan harga sangat special itu tidak mudah, selain harus menyiapkan dana yang tidak sedikit, itupun harus Cash Keras, lobi kesana-kemari, namun Alhamdulillah Jaringan/Network kami cukup luas dikalangan pedagang terutama ras Tionghoa, jadi cukup mempermudah kami untuk mengetahui dimana saja barang itu beredar beserta harga pasarnya. Selain itu mulai terdengar ada kompetitor yang mencontoh konsep kami, sebenarnya letak usaha mereka tidak terlalu dengan kami, tapi sejak awal ada kemiripan diantara kami berdua, selain owner nya yang bernama Agung, namun yang disana ras tionghoa, yang disini ras pribumi..hihihi. Selain itu kami berdua bermain di pasar yang sama, yaitu grosiran Susu, Minyak dan Deterjen, jadi kami memiliki banyak langganan trader yang sama. Namun kami percaya Allah telah menetapkan Rezeki kami, dan tidak akan tertukar, hanya yang terus kami usahakan adalah Berjuang untuk memenangkan Persaingan hingga kapanpun jua.

  Selain berbicara tentang strategi,di usia Dea yang beranjak dewasa seiring dengan usia kami yang semakin berumur, bukan hanya harta dunia semata yang kami kejar, namun RIDHO ALLAH lah yang harus kami raih. Setelah tidak berjualan produk haram seperti minuman keras sejak berdirinya Dea, dua tahun terakhir ini kami juga mulai membersihkan toko kami dari produk subhat, yaitu produk halal namun meragukan, seperti contohnya rokok atau produk makanan dan minuman yang diimpor namun di package di dalam negeri maupun produk lokal yang tidak memiliki SHI (sertifikat halal indonesia). Kami berusaha sedikit demi sedikit mengurangi produk subhat, karena jika kami menjual sama dengan turut mengedarkan, kami paham betul hukum tentang itu semua. Justru dengan aturan yang lebih ketat seperti ini, banyak supplier yang dipaksa untuk mengurus SHI tersebut. Dea memang bukan toko besar tapi jika kami punya power walau sedikit saja untuk menekan para supplier yang membutuhkan kami, akan kami lakukan. Kami yakin niat baik akan selalu diberikan kemudahan oleh Allah, terbukti sebagian supplier sudah mulai mengurus SHI, karena jika tidak maka Dea akan menolak menjual produk mereka. Masih teringat ucapan Ustadz Yusuf Mansur,“Jika kamu memiliki kekuasaan sedikit saja manfaatkanlah untuk berdakwah,”. Maka aturan ketat tentang SHI ini kami anggap sebagai salah satu sarana dakwah, seperti juga sebelumnya tentang seragam hijab untuk karyawati kami. Lebih jauh masalah SHI ini termasuk meindungi customer kami dalam mengurangi konsumsi produk subhat dari toko kami.

   Terakhir yang selalu harapkan setelah semua pekerjaan kami usahakan, kembali lagi doa dan tawakal hanya kepada Allah Azza Wa Jalla semata, semoga Allah meridhoi dan memberkahi kerja keras kami dan kedepan kami dapat lebih berkembang dan berkarya serta tak lupa untuk lebih banyak berbagi..aamiin

“DESTINY IS NO MATTER OF CHANCE. IT IS A MATTER OF CHOICE. IT IS NOT A THING TO BE WAITED FOR. IT IS A THING TO BE ACHIEVED”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s