AMOR Royalty from FFI – part 3 (Toronto – Montreal – Ottawa)

F. MENIKMATI CANADA (TORONTO, MONTREAL DAN OTTAWA)

F(1). CN TOWER di Toronto

(source: google)

(source: google)

wpid-dsc_0441.jpg

  Perjalanan dilanjutkan menuju Toronto, untuk melihat lebih dekat CN Tower (Canadian National Tower or Canada’s National Tower), yang dulunya merupakan Gedung tertinggi pertama di dunia dan dianggap sebagai ikon kota tersebut. CN Tower mulai dibangun tahun 1973. Dalam waktu 2 jam sampailah kami di Toronto. Memasuki CN Tower dan lagi-lagi harus mengantri untuk dapat melihat kota Toronto dari atas. Ramai kunjungan turis dalam dan luar negeri yang penasaran dengan ketinggian gedung CN Tower yang terkenal tersebut.

  Menara CN terdiri dari beberapa struktur. Bagian utamanya adalah pilar beton yang ditempati oleh elevator, tangga, serta koneksi listrik dan air. Di bagian atas terdapat sebuah antena mental setinggi 102 m, yang meneruskan sinyal-sinyal televisi dan radio. Selain itu, terdapat dua wilayah untuk pengunjung, tujuh lantai pada ketinggian 330 m dan SkyPod di ketinggian 447 m, tepat di bawah antena.

  SkyPod, ruang tertutup kecil yang terletak jauh di atas lantai utama, terdapat di ketinggian 447 m menjadikannya sebagai dek pengamatan publik tertinggi di dunia. Dari SkyPod, jarak pandang dapat mencapai 100-120 km di hari yang cerah bahkan mungkin dapat melihat sedikit dari kota Rochester, New York di Amerika Serikat yang terletak di seberang Danau Ontario.

DSC_0438

DSC_0404

  Di Menara CN, terdapat tangga dengan 1.776 anak tangga yang dapat digunakan untuk mencapai SkyPod. Tangga tersebut adaalah tangga metal tertinggi di dunia, fungsi utamanya adalah untuk keadaan darurat dan tertutup untuk umum. Sambil menata hati dan menyusun keberanian, karena terus terang saya termasuk kaum phobia ketinggian, apalagi selama naik Lift, kami dapat menyaksikan secara langsung keadaan luar dengan jelas..Luar Biasa, MasyaAllah, tiba-tiba sudah berada di atap Tower.

image

  Satu jam diberikan oleh Team Leader kami untuk mengeksplore seluruh ruangan, jeprat-jepret hingga puas. Suhu di dalam ruangan hangat, namun jika turun kebawah satu lantai, udara dingin langsung menerpa, karena lebih terbuka hanya jaring-jaring besi tanpa kaca sebagai pembatas. Tak lama kami masuk kembali, sebagai orang Asia kami tak akan kuat berlama-lama di suhu 7°C..hiks

image

  Pada ketinggian 342 m, terdapat Glass Floor atau lantai kaca dengan dek pengamatan terbuka dimana kita dapat melihat keindahan kota Toronto dengan jelas. Dan berkali-kali hubby memaksa saya untuk berani di foto diatasnya. Mejengpun dengan eksen muka penuh kengerian..hiks

image

  Tak terasa waktu berjalan lebih dari satu jam, saatnya kami masuk hotel, karena petang telah tiba. Dan kami pun bermalam di Novotel Mississauga, Toronto.

F(2). Mount Royal, Notre Dame and City Hall di Montreal

(source: google)

(source: google)

  Pagi ini terjadwal mengunjungi Mount Royal, City Hall dan Notre Dame. Mount Royal berada di sebelah barat pusat kota Montreal, Quebec, Canada, merupakan pegunungan yang tidak terlalu tinggi, dimana kita dapat melihat keseluruhan kota Montreal dari atas.

image

  Menuju Mount Royal tidak terlalu jauh dari hotel kami menginap, hanya setengah jam. Bis kami mulai naik keatas, melewati danau yang masih beku oleh musim dingin, tapi tidak boleh lagi dipergunakan untuk olahraga ice skeating, setelah memasuki musim semi, karena es tersebut tidak lagi tebal, hanya permukaan saja yang masih berupa es. Kami disini tidak terlalu lama hanya foto-foto sebentar langsung menuju City Hall, karena terscedul kembali ke Amerika melewati Boston sebelum malam tiba.

image

  Tidak terlalu istimewa disini, di Indonesia pun banyak yang mirip seperti ini. Untuk wilayah Jawa Timur misalnya, Malang, khususnya Batu, tak jauh beda tampilannya seperti ini, hanya bedanya ini Luar Negeri, negara maju pula, terlihat rumah-rumah dengan bangunan yang lebih spektakuler.

DSC_0603

  Setelah puas foto-foto kurang lebih setengah jam, kami langsung pindah tempat menuju City Hall di Notre Dame yang juga tidak jauh dari Mount Royal.

wpid-dsc_0666.jpg

wpid-dsc_0645.jpg

wpid-dsc_0655.jpg

  City Hall merupakan kantor administrasi kota Montreal dengan bangunan kuno tertua dan sebagai salah satu contoh terbaik dari gaya Kekaisaran Kedua di Canada. City Hall merupakan balai kota pertama yang telah dibangun di negara itu semata-mata untuk pemerintah kota, dan ditetapkan sebagai Situs Bersejarah Nasional di Canada pada tahun 1984.

Berhadapan dengan City Hall terdapat pula Notre Dame yang merupakan Gereja Tertua yang dibangun di Canada sekitar tahun 1672 – 1682.

wpid-dsc_0647.jpg

  Canada ini sebenarnya datar-datar saja, mereka hanya memiliki Niagara Falls yang sangat terkenal itu, lainnya kurang, mungkin menjual gedung-gedungnya yang eksotik, tapi di negara-negara Eropa jelas lebih banyak lagi. Sepanjang perjalanan saya dan hubby menyesalkan beberapa destinasi di Canada ini yang menurut kami memang kurang menarik. Hubby said,”seharusnya di Niagara Falls nya dua hari, langsung balik Amrik, jauh-jauh muterin Canada, gitu-gitu aje,”..”Iye, emang bener ye, Canada gak terlalu, mending Indonesia, Bali gitu, jauh lebih keren..qeqeqe,” jawab saya.

F(3). Parliament Building di Ottawa

  Agenda pagi ini kami akan menuju Montreal melalui Ottawa. Ottawa adalah ibu kota Canada, dimana terdapat gedung parlemen bergaya Eropa, banyak gedung bercorak Eropa karena memang Canada merupakan jajahan Perancis dan Britania Raya. 

wpid-dsc_0469.jpg

  Perjalanan dari Toronto menuju Ottawa cukup lumayan jauh, sekitar hampir 5jam. Di sepanjang perjalanan kami disuguhi jalanan yang masih penuh dengan es, maklum selepas musim dingin dan baru saja beralih ke musim semi, sedangkan suhu udara di Canada teramat sangat dingin, wajar kalau es sulit mencair. Dan Canada termasuk negara besar yang jarang penduduk, sehingga selama perjalanan saya amati rumah dengan jarak yang jauh satu dengan yang lain, mereka memiliki halaman yang sangat luas, sangat berkebalikan dengan negara kita, rumah penduduk pun padat merayap apalagi di wilayah kami.

wpid-dsc_0506.jpg

  Banyak orang kurang tertarik hidup dan bekerja disini, saya sendiri kalau disuruh memilih mendingan hidup dan bekerja di Amerika daripada Canada, tapi saya teramat sangat bersyukur kepada Allah karena memberikan karunia yang sangat besar kepada keluarga kami di negeri sendiri, rasanya tidak ingin pindah kemana-mana deh..hehehe

wpid-dsc_0521.jpg

wpid-dsc_0512.jpg

wpid-dsc_0482.jpg

  Tibalah kami di Building Parliament (Prancis: Colline du Parlement), sehari-hari dikenal sebagai The Hill, daerah Crown di tepi selatan Sungai Ottawa di Ottawa, Ontario yang juga merupakan gedung DPR/MPR negara Canada, kebetulan saat itu berbarengan dengan demo anak-anak muda. Banyak petugas dari kepolisian berjaga-jaga, sempat takut mau masuk kedalam gerbang menuju halaman gedung tapi saya nekat dan hubby mengiyakan. Setelah kami mendekat mulailah kami mengamati anak-anak muda yang berdemo itu tadi, tampilan mereka hampir serupa, memiliki tatto, mengenakan pierching di beberapa bagian tubuh, baju ala kadarnya dengan sobekan di celana…Hmm, ternyata mereka sedang menyuarakan tentang legalisasi Mariyuana, pantesan bau ganja dimana-mana. Aslinya juga kami tidak paham bau apa itu, tapi teman grup ada yang tau dan kebetulan Sylvester pernah kuliah dan sudah memiliki citizen di Canada. Beberapa teman grup bercerita bahwa di Belanda pemakaian Mariyuana sudah dilegalisasi, mungkin yang di Canada jadi terinspirasi.

DSC_0471

  DUH,..aneh-aneh saja dunia, kalau di Indonesia paling sering demo Buruh minta kenaikan gaji atau demo penurunan harga sembako..hiks. Setelah puas berfoto ria, kami segera meneruskan perjalanan menuju Boston. Dan setiap kota kami selalu mampir di China Town untuk makan, baik siang maupun malam. Bisa-bisa pulang ke Indonesia mendadak benci Chinesse Food..hahaha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s