Kitab BULUGHUL MARAM (bab Haid )

Hamnah binti Jahsy berkata,”Saya ber-istihadhah banyak sekali. Lalu saya menemui Nabi SAW untuk meminta nasehat. Beliau bersabda,”Itu adalah gangguan setan. Anggaplah telah bersih, maka shalatlah dua puluh empat atau dua puluh tiga hari. Lakukan Puasa dan dirikanlah Shalat, karena hal seperti itu adalah cukup bagimu. Lakukanlah setiap bulan sebagaimana yang dilakukan perempuan haid lainnya. Jika kamu mampu mengakhirkan shalat Zhuhur dan mempercepat shalat Ashar (maka lakukanlah). Kamu mandi ketika telah suci, kemudian menjama’ shalat Zhuhur dan shalat Ashar. Kemudian (jika kamu mampu) mengakhirkan Shalat Maghrib dan mempercepat Shalat Isya kemudian mandi dan menjama’ dua waktu shalat tersebut, maka lakukanlah. Kemudian kamu mandi pada saat Shubuh dan lakukan Shalat Shubuh. Beliau meneruskan ucapannya,”Ini adalah perkara yang paling aku sukai”
(HR. Imam lima, kecuali an-Nasa’I. Hadist ini dishahihkan oleh at-Tarmidzi dan dihasankan oleh Bukhari)

Dari Aisyah radhiyallaahu ‘anha,”Suatu ketika, Ummu Habibah binti Jahsy mengadukan tentang darah istihadhah kepada Rasulullah SAW. Beliau bersabda,”Tinggalkanlah Shalat seperti lamanya engkau haid dan mandilah!’. Ketika itu Ummu Habibah mandi setiap akan Shalat.” (HR Muslim)

image

   Alhamdulillah.., pada akhirnya saya menemukan jawaban atas kegalauan. Setelah mengikuti pengajian Hadist di sekolah anak-anak, saya mulai mengenal kitab BULUGHUL MARAM, kitab yang berisi tentang Panduan hidup sesuai tuntunan Rasulullah dalam Ibadah, Muamallah dan Akhlak. Dan segera saya membeli buku tersebut dan mulai membacanya. Saat bergabung pengajian komite di sekolah anak-anak sudah memasuki Kitab Jenazah, sedangkan kitab Haid dan Sholat berada dibagian depan. Nah setelah saya mulai membaca, bertemulah saya dengan hadist tentang masalah yang saya alami ini. Subhanallah..
   Berdasarkan saran SpOG dengan pertimbangan kesehatan karena telah mengalami sectio sebanyak 3x, saya diminta untuk melakukan Steril. Dan ternyata membawa dampak menstruasi menjadi kacau balau. SpOG berkata,”seharusnya menstruasimu tidak kacau, karena bukan hormonal. Coba cek dulu semua, termasuk usg dan papsmear”. Setelah semua saya lakukan, beliau berkata,”tuh hasilnya bagus, bersih, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Keliatannya ini faktor psikis ajah, kamu sedang banyak fikiran dan cobalah untuk tidak Stress”. “BAIKLAH dok”, jawab saya.
   Namun hingga detik ini, menstruasi selalu kacau, terjadwal 2xsebulan dan itupun sebentar keluar sebentar berhenti, susah menandai kapan mulai dan berhentinya menstruasi. Setiap hari berusaha mandi besar jika lewat dari 6 atau 7 hari, 2-3hari bersih, menstruasi lanjut lagi. Subuh sholat, dhuhur dan ashar gak keduman, setelah masuk bedug maghrib dan isya, bersih lagi. Kalau mengikuti Sunnah yang telah saya tulis diatas, memang sepertinya harus berkejar-kejaran dengan waktu sholat. Mandi besar setiap akan Sholat, terkadang sampai pusing karena tiap hari mandi keramas. Ada juga hadist-hadist yang menerangkan masalah mandi besar ini memang tidak selalu harus keramas, tapi membasahi rambut adalah yang utama, membersihkan diri dari ujung rambut ke ujung kaki, kalo tidak sekalian keramas kan bau, setiap hari rambut basah langsung dikekepin jilbab.
   Ya Allah, saya merasa ini memang salah satu ujian keimanan. Dapat dibayangkan kalo selama 15 hari tanpa ibadah sholat, tentu grafik iman ini susah stabilnya, terlalu berbahaya, grafik bisa turun drastis. Itulah mungkin mengapa Nabi SAW menggunakan istilah gangguan setan ya??… Antisipasi yang saya lakukan selama ini sebagai ganti waktu ibadah yang sedikit itu, berusaha menambahkan sunnah saat dapat beribadah, baik puasa maupun rawatib, selain mengaji, walau kadang tidak sempat, saya coba menggantinya dengan Murottal. Lagu-lagu saya kurangi lebih banyak mendengarkan Murottal sekalian buat nambah hafalan.
   Semoga Allah SWT dapat menerima semua ibadah yang telah saya usahakan, dan semoga scedul menstruasi segera rapi dan normal kembali..aamiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s