Hukum BerNadzar

   Nadzar adalah seseorang yang mengharuskan kepada dirinya sendiri untuk melakukan ibadah apa yang pada asalnya tidak menjadi keharusan bagi dirinya. Misalnya, Aku bernadzar untuk bersedekah kepada lima orang fakir miskin kalau aku lulus tes masuk kerja. Maka apabila benar dia lulus tes kerja, wajib baginya untuk memenuhi nadzarnya tersebut. Hanya saja yang perlu diketahui, tidak ada kaitannya antara kemudahan urusan dengan seseorang itu bernadzar. Seperti contoh di atas, seseorang itu lulus tes kerja bukan disebabkan karena nadzarnya. Nadzar itu tidaklah mendahulukan atau mengakhirkan takdir juga tidak memudahkan yang sulit. Karena itu, hukum bernadzar itu sendiri sebagian ulama berpendapat makruh.

   Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :إِنَّهُ لَا يَأْتِي بِخَيْرٍ وَإِنَّمَا يُسْتَخْرَجُ بِهِ مِنَ الْبَخِيلِ ““Nadzar itu tidak membawa kebaikan, dia hanya keluar dari seorang yang bakhil” (HR. Bukhari dan Muslim).

   Seorang bernadzar dikatakan sebagai orang yang pelit, karena seakan-akan dia tidak beribadah kepada Allah kecuali hanya perkara yang wajib saja dan seakan-akan dia tidak akan beribadah kepada Allah, kecuali kalau Allah mudahkan urusannya.

   Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :”Janganlah kalian bernadzar. Sebab nadzar itu tidak bisa menolak takdir Allah sedikitpun. Hanya saja nadzar itu keluar dari orang yg kikir” (Muttafaqun alaih)

   Seorang mukmin hendaknya tidak bernadzar, namun jika dia bernadzar untuk taat, maka wajib untuk dipenuhi dan hendaknya melaksanakan sesuai dengan yang dinadzarkan.

   Sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam :”Barangsiapa bernadzar untuk taat kepada Allah, hendaknya dia melaksanakannya” (HR Al Bukhari).

Dan saya berhijab pun berlatarbelakang karena Nadzar, Alhamdulillah istiqomah hingga sekarang..^__^

image

  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s