Mengapa kita harus berdoa

   Berdoa adalah sarana bagi kita untuk memohon sepenuh hati kepada Allah swt, mengharap kebaikan-Nya, agar Ia mengabulkan sesuatu yang kita kehendaki. Doa juga merupakan tuntunan agama serta alat menjalin komunikasi langsung antara hamba dan Sang Pencipta.
   Dalam berdoa, syarat terpenting adalah kesucian hati dan keikhlasan. Karena itu berdoa sebaiknya tak hanya lewat mulut saja, namun hati dan jiwa harus terkonsentrasi hanya kepada Allah swt. Meski tak menuntut syarat dan rukun yang ketat, doa merupakan ibadah yang amat penting, seperti tertuang dalam hadits Nabi Saw,

   “Doa adalah otak ibadah.” [HR Bukhari dan at-Tirmizi]

   Doa tak hanya untuk memohon sesuatu yang sulit dan besar, namun hal-hal yang ringan dan remeh pun boleh disampaikan kepada Allah swt. Seperti yang tertera dalam buku Majma’ az-Zawâ’id, pada hadits ke-9.255, ditemukan riwayat yang juga bersumber dari Anas bin Mâlik dan bersambung kepada Nabi Saw. Beliau bersabda, “Hendaklah salah seorang di antara kamu memohon kepada Tuhannya atas seluruh kebutuhannya, walaupun yang berkaitan dengan sandalnya bila putus atau rusak.”
   Di sini kita lihat, persoalan yang remeh pun bisa kita adukan pada Allah swt lewat doa. Meski demikian ada adab dalam berdoa, yaitu menurut Imam al-Ghazali meliputi antara lain; dilakukan dengan keadaan khidmat, didahului dengan tobat, menghadap kiblat serta mengangkat kedua tangan, memulai doa dengan menyebut nama Allah swt serta memuji-Nya, merendahkan suara, khusyuk, mengulang doa sampai tiga kali, dan percaya bahwa Allah swt berkenan mengabulkan doa yang dipanjatkan.

Source: @alifmagz

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s