PUTRI

Dahulu, di masa Jahiliyah, bila anak #putri yg lahir dianggap bencana dan bahkan dibunuh. Namun, Islam datang memuliakan. Islam, sebagaimana sabda Rasulullah saw. dalam ragam riwayat, orang tua yg dikaruniai anak #putri adalah tiket menuju Surga.

   Ada hadits yg mengatakan tiket ke Surga itu bagi orang tua yg memiliki anak #putri berjumlah 3, adapula yg sebutkan 2, adapula yg sebutkan 1. Hadits riwayat A’isyah mengatakan “manibtuliya binnisaa-i bisyain, fashobaro…. hatta tablugho… kunna sitran minannaar”. Ada HR Bukhori Muslim dengan redaksi “bitsalaatsi banaatin…”, Intinya beberapa pun jumlah anak #putri Islam memuliakan orang tuanya!

   Siapapun orang tua yang “diuji” dengan memiliki anak #putri (1,2, apalagi 3) maka akan dilindungi ia dari siksa api neraka. Secara alami, memiliki anak #putri memang lebih berat fitnah ujiannya, maka kesabaran, nafas panjang menjalaninya akan diganjar kemuliaan.

   Selamat utk para orang tua yg dikaruniai anak #putri, tiket Surga dgn “sitrah” penghalang dari neraka telah jadi milik Anda, bersabarlah 🙂

   Hadits A’isyah, sabda Rasul saw, “siapa diuji 2 anak #putri, lalu bersabar (mengasuh), hingga ia baligh, maka terlindungi dari api neraka.” Dalam HR. Bukhori Muslim, Rasul sas. dgn redaksi “3 anak #putri”. Riwayat lain ada 1 anak putri. Bagi orang tuanya perlindungan dari neraka. Selalu ada hidayah, bimbingan dan lindungan Allah untuk para #putri-nya, bila orangtuanya terus berbuat, berdoa dan bersyukur atas anugerah tsb. Logika sebaliknya, tiap anak #putri yang meringankan ‘tugas’ ayah-ibunya, tak terlalu menguji sabar, memudahkan tiket Surga bagi keduanya. Nasihat2 itu menunjuk tiap kita yang punya anak #putri agar sabar membina. Sekaligus good-news bagi tiap orang tua dari anak2 putrinya. Membiasakan anak2 #putri dgn hidup yg benar dan Islami sejak kecil-nya, menjamin ketepatan mereka dlm memutuskan pasangan saat dewasa-nya.

   Rasul saw ‘membatasi’ masa ortu dalam mengasuh sampai baligh, sebab terkait bab ketika harus melepas dan memilih pasangan untuk anak2 #putri. Saat setujui/memilih pasangan utk anak2 #putri, anak-lah yg musti ‘tertarik’, bukan orangtua. Soal nilai, bergantung pola didik masa kecil.

Source: @AryaSandhiyudha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s