Membangun Karakter Anak

    Kehidupan menjadi semakin berat setiap hari. Tapi banyak orangtua yang mencoba membuat hidup lebih mudah untuk anak-anak mereka. Memang tidak ada yang salah membuat hidup anak mudah, tapi Anda perlu menanamkan sebuah karakter yang kuat pada anak. Ajari anak untuk lebih berkarakter dengan cara di bawah ini.

-Jadilah teladan yang baik. Anak-anak belajar dari contoh. Maka jadilah panutan yang baik supaya anak Anda mencontohnya. Untuk menjadi orangtua yang baik Anda terlebih dahulu harus bertindak baik.
-Beri dukungan pada mereka saat mereka memiliki tujuan atau ambisi tertentu. Dorong mereka untuk berusaha keras, tetapi jangan mengkritik atau menghakimi tindakan mereka.
-Anda harus punya komunikasi yang lancar dengan anak. Menjaga komunikasi membuat mereka merasa aman karena mereka akan berpikir Anda akan selalu ada jika diperlukan.
-Buatlah aturan yang jelas sejak awal, hal ini membantu anak mengembangkan kontrol diri dan perilaku yang baik.
-Gunakan metode mendidik yang positif. Beri mereka  hadiah jika berkelakukan baik dan beri hukuman saat mereka berbuat salah.
-Dorong anak untuk mengenali kekuatan, kualitas, dan prestasi mereka. Tantang anak untuk mengeksplorasi bakat mereka supaya dapat melakukannya lebih baik lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s