Alhamdulillah, Lulus dengan NUN 27.8 ^___^

image

image

image

  Hari Sabtu, tanggal 8 juni 2013 adalah hari bersejarah bagi Belva maupun saya selaku orang tua, ya..hari tersebut merupakan hari kelulusan atas serangkaian ujian dari sekolah maupun ujian keimanan. Unas, salah satu tahap akhir yang juga sebagai penentu kelulusan itu telah berakhir dengan keluarnya nilai UN yang disebut dengan NUN.

   Pagi ini kami, saya dan Belva berangkat ke Sekolah dengan perasaan penasaran yang diluar batas kewajaran, maklum selain pengumuman kelulusan, akan diumumkan pula hasil UN. Harapan kami berdua dapat masuk di Tiga Besar. Selama ini Belva memiliki track record sebagai jawara kelas sejak klas 1, kemudian menjadi jawara dikeseluruhan kelas mulai klas 4, rasanya tidak muluk2 kami berharap Belva ada di Tiga Besar. Selain itu hasil tryout yang diperoleh ada di 5 Besar. Belva anak yang cerdas tapi memang selama klas 6 ini tanpa les, polosan saja, tidak seperti teman yang lainnya. Pertimbangannya adalah program di sekolah berupa latian soal bernama Neisel sudah cukup membuat anak jenuh dan bosan, dan mentaati saran dari ustadzah bahwa kemampuan Belva sudah lebih dari cukup untuk menghadapi UNas.

  Acara kelulusan didahului dengan acara Exhibition dan sedikit pesan dan nasehat dari perwakilan Sekolah yaitu bapak Suhadi Fadjarai yang merupakan konsultan sekaligus trainer parenting, beliau terus menerus mengingatkan bahwa nilai yang diperoleh anak apapun hasilnya itu adalah yang terbaik dari Allah, karena anak sudah berusaha maximal dan jujur. Selain itu beliau berharap agar wali murid yang ingin memilihkan sekolah lanjutan agar berhati-hati, karena anak-anak selama di SD RadJa sudah digembleng sedemikian rupa baik akidah, akhlak dan ibadahnya. Jika suatu saat masuk sekolah negeri beserta kebebasannya, yang ditakutkan adalah konstannya keimanan. Iman harus dipelihara dengan konstan, seperti kita ketahui keimanan memiliki grafik naik dan turun. Jika tidak kita pelihara dengan konstan, grafik itu bisa meluncur deras ke bawah. Tentunya tidak kita harapkan, anak-anak dengan akidah, ibadah dan akhlak yang baik harus hilang ditelan pergaulan yang salah.
 
   Exhibition sendiri merupakan proyek akhir semacam skripsi, tiap kelompok terdiri dari 7anak. Dalam exhibition ini tiap kelompok menyajikan produk hasil penelitian mereka. Tujuan dari exhibition ini adalah agar anak-anak tidak saja pandai menghafal tapi juga dapat memecahkan persoalan di kehidupan mereka sehari-hari. Tema yang diangkat oleh kelompok Belva adalah cara kerja pernafasan manusia. Sebagai bahan ilustrasi nya kelompok Belva menggunakan botol Aqua dan Balon, dilengkapi rekaman video yang merekam seluruh kegiatan selama penelitian tersebut. Alhamdulillah Belva sangat percaya diri mempresentasi kan makalah kelompoknya, sangat membanggakan.

image

    Setelah semua kelompok unjuk gigi, tibalah saatnya pengumuman kelulusan beserta nilai NUN-nya. Rasanya badan mulai panas dingin gak karuan, memang sih Belva sudah mantap kembali ke almamater lama untuk jenjang SMP nya, tapi berharap nilai yang baguspun tentunya sah-sah saja, wajib malah. Apalagi Belva juga terbiasa menjadi yang terbaik, secara psikologis dia sudah mempersiapkan diri untuk jadi yang terbaik.

   Finally, amplop telah berada ditangan Belva, dengan mengucap basmallah, bersama-sama dengan wali murid yang lain, kami membukanya. Subhanallah, nilai UNas kak Belva berada di poin 27.8. Kecewa pasti, target yang telah ditetapkannya meleset jauh, raut muka Belva mendadak berubah, ada kesedihan terpancar diwajahnya, saya mencoba menghiburnya,” sudahlah Nak, nilai ini adalah yang terbaik buatmu dari Allah, jangan menyesali yang sudah terjadi, sekarang tinggal melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Semoga prestasi mu masih stabil seperti di SD, hasil UNas bukan semata-mata ukuran kecerdasan dan keberhasilan seseorang, ayok Bangkit dan tetap Semangat” (di dalam hati saya pun, rasanya ingin menangis, tapi kudu kuat jika ingin anak kuat). Inilah sebuah ujian keimanan, semua proses telah dilalui, semua usaha telah diupayakan, beserta jurus langit (puasa, tahajud dan doa) telah rutin dilaksanakan. Akan tetapi kita harus siap dengan segala keputusan dari Allah SWT, itulah Tawakal.

   Harapan kedepan tentu saja Belva masih punya kewajiban untuk terus berprestasi di jenjang berikutnya, yaitu SMP. Masih di Almamater yang sama dan Semoga Ridha Allah selalu menyertai di setiap langkahmu dalam meraih Cita-cita mu kelak, ya Nak, aamiin

  
  

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s