Ibu adalah Madrasah Utama Buah Hati

   Memiliki buah hati yang Sehat,Cerdas (SQ, EQ, IQ), shalih/hah nan qurrota a’yun adalah dambaan setiap orang tua. Tapi tidaklah mudah untuk memperoleh semua itu tanpa pengorbanan. Membekali diri dengan ilmu dan memberi ketauladanan  Anak adalah cerminan orang tua, jangan menuntut anak menjadi sempurna, tapi sempurnakanlah dulu diri kita sebagai orang tua.
   Adalah seorang ibu yang diberikan karunia oleh Allah untuk mengandung, melahirkan, serta diberikan kewajiban mengasuh dan mendidik anak-anak yang telah Allah amanahkan..
     “Seorang wanita (ibu)  adalah lembaga pendidikan, yang jika ia benar-benar mempersiapkan dirinya, berarti  ia telah memepersiapkan sebuah generasi  yang benar2 digdaya” (Ahmad Syauqi)

     “ Seorang Ibu adalah sekolah apabila engkau persiapkan dengan baik berarti engkau telah mempersiapkan generasi yang harum” (Syair Hafizh Ibrahim)

   Tugas seorang ibu memang berat, jauh lebih berat dari tugas seorang Ayah, itulah mengapa Nabi sangat menghormati peran seorang ibu, bahkan dalam satu hadistnya..Dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)
   Orang tua terutama seorang Ibu harus dan wajib memaksa diri belajar ilmu pengasuhan a.k.a parenting, sangat penting demi pendidikan buah hati kita. Bayangkan jika suatu pekerjaan diserahkan bukan pada ahlinya, maka tunggulah saat-saat kehancurannya. Anak-anak memiliki sifat, kepribadian dan kecerdasan yang berbeda-beda secara otomatis sebagai orang tua kita harus menguasai banyak ilmu parenting yang bisa diterapkan di masing-masing anak, kita tidak dapat menilai kecerdasan anak tanpa melihat kecerdasan secara majemuk. Anak tidak ada yang bodoh, karena Allah tidak akan pernah lupa menitipkan kelebihan pada setiap makhluk ciptaanNya..
   Apalagi untuk seorang wanita, pekerjaan utama kita adalah menjadi seorang ibu yang mendidik generasi-generasi penerus kita.Tapi tetep saja, proses pembelajaran kita, kuliah kita, sekolah kita, sosialisasi kita, tetap dibutuhkan untuk bisa jadi seorang ibu yang baik. Justru karena kita akan menjadi ibu yang baiklah, kita pun harus banyak belajar. Karena anak yang berwawasan luas juga tercipta dari Ibu yang banyak memberinya wawasan dan membiasakan sang anak untuk selalu menambah wawasan..
   Seperti akhir-akhir ini, selain getol belajar ilmu parenting, saya juga mempelajari apa yang menjadi minat atau passion anak, tidak perlu menjadi ahli, biarlah anak-anak yang melakukannya tapi paling tidak kami dapat saling bertukar pendapat, sharing sebagai sahabat, memahami kemauan anak-anak serta memfasilitasi apa yang mereka cita-citakan.
    Capek, letih dan bosan sering menghinggapi jasmani dan rohani dalam memberikan tauladan yang terbaik tapi jika kita melihat hasilnya..Masha Allah betapa semua keletihan itu sirna seketika. Memiliki anak-anak qurrota a’yun yang berperilaku baik, disiplin, kreatif dan inovatif batapa membuat orang tua bangga dan bersyukur tiada henti.. Jika semua niat didasarkan kepada Allah semata, in sha Allah, kita sanggup untuk istiqomah walaupun rintangan dan halangan silih berganti menghadang.
  Terakhir hanya doa dan doa yang selalu terucap semoga ketiga buah hati menjadi anak-anak qurrota a’yun yang shalih dan shalihah, bermanfaat bagi sesama dan menjadi khalifah di bumi ini..aamiin ya rabbal alamiin
  

Advertisements

One thought on “Ibu adalah Madrasah Utama Buah Hati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s