Membuat Anak gemar membaca BUKU

bel1

Inilah caranya agar membaca selalu menyenangkan bagi si adik, si kakak dan Anda sendiri!

BAYI DAN BATITA

Yang mereka sukai dari buku:
-Buka. Tutup. Buka. Tutup. Tutup buka
-Warna-warna cerah.
-Gambar-gambar keren.
… -Kertas karton tebal yang asyik buat dikunyah, tidak terlalu keras, tidak terlalu lunak.

Buku artinya kegembiraan, irama, dan suara-suara riang.
Waktu membaca adalah waktu meringkuk di pelukan mama.

Yang akan mereka pelajari:
-Cara membaca buku – kita buka, ceritanya ada di dalam.
-Kita membaca dari kiri ke kanan.
-Buku bisa mengisahkan cerita.
-Setiap cerita punya awal dan akhir.
-Buku adalah bagian kehidupan yang normal dan diharapkan.

Yang bisa Anda lakukan:
-Baca dengan lantang, sampai batas tertentu. Sangat penting untuk membiarkan si bayi bermain dengan buku-buku yang disukainya. Tak apa lho, kalau dia tak menunjukkan rasa tertarik.
-Jangan lama-lama. Anak kecil punya rentang perhatian pendek, dan 10 menit, bahkan 5 menit sekalipun sudah terasa lama.
-Lakukan interaksi dengan buku dan si bayi. Minta dia untuk menunjukkan hal-hal sederhana seperti menunjuk bunga yang cantik. “Anda membawa apa yang ada di dalam buku ke dalam interaksi di antara Anda berdua,” kata Amy Flynn, direktur Bank Street Family Center di Bank Street College of Education, di New York.
-Ikuti keinginan si bayi. Kalau si bayi merebut buku dari tangan Anda untuk diutak-atik sendiri, biarkan saja. Peluk dia dan dudukkan di pangkuan Anda. “Bermain dengan buku adalah awal dari membaca, sama seperti bermain dengan makanan adalah tahap pertama bagi anak untuk makan sendiri,” kata Anita Silvey, penulis 100 Best Books for Children.

Yang harus Anda perhatikan ketika memilih buku untuk si bayi dan si batita:
-Keawetannya. Bayi tak akan memperlakukan buku dengan hati-hati. Jadi, jangan berharap deh, buku yang Anda beli bisa awet. Untuk itu, belilah buku dari karton tebal. Usia seperti ini belum saatnya diberi buku yang ada bagian timbulnya atau yang kertasnya mudah sobek.
-Kesempatan untuk mengeksplorasi. Permukaan mengilap, dengan bagian yang bisa digerakkan atau dicium-cium cukup ideal. Bentuk bel atau yang berbunyi gemerincing mungkin norak, tapi bayi dan batita suka, lho. Bawa si bayi ke toko buku dan perlihatkan padanya buku-buku tebal dengan warna-warna menyolok, kancing-kancing lucu, dan kain-kain yang lembut gemerisik. Melihat mana yang bisa menarik perhatian dia bisa membantu Anda memilih mana buku yang bisa dibeli.
-Ilustrasi dari benda-benda nyata. Mata dan pikiran si kecil mudah tertarik pada obyek yang mereka kenal. Pilihan yang baik adalah buku-buku yang dilengkapi foto benda sehari-hari.
-Tidak perlu banyak kalimat. Mereka tak terlalu butuh dan belum paham (Ini juga berarti Anda bisa melewatkan membaca keseluruhan teks bila tampaknya kurang menarik bagi si kecil, maupun bagi Anda sendiri).

Yang perlu dicari sebagai buku bergambar pertama si kecil:
-Ilustrasi sederhana, jelas.
-Teks yang terbatas dan mudah dimengerti. Banyak judul-judul klasik seperti “Good Night” atau “Gorilla & Hug” berisi sedikit teks atau tanpa teks sama sekali. Ini malah bisa memberi Anda peluang untuk bercerita sendiri dengan irama yang sesuai rentang perhatian si kecil.
-Pengulangan. Anak-anak senang mendengar kata-kata atau kalimat yang sama berulang-ulang. Dia juga senang kalau bisa mengingat atau mengucapkan satu atau dua kata bersama Anda.

PRASEKOLAH

Yang mereka sukai dari buku:
-Bisa ditelungkupkan di lantai dalam keadaan terbalik, untuk jadi terowongan mobil-mobilan, atau kereta-keretaan, atau rumah-rumahan buat boneka.
-Ada gambar dari benda-benda favorit mereka.
-Kalau pura-pura baca salah satu buku, anak akan merasa kelihatan seperti anak besar.
-Saat baca buku adalah saat meringkuk tenang.

Yang akan mereka pelajari:
-Kata-kata tertentu menghasilkan suara tertentu.
-Kata-kata terbentuk dari huruf.
-Kata-kata yang tertulis berhubungan dengan gambar yang ada di halaman yang sama.
-Fakta tentang barang-barang favorit mereka
-Betapa mengasyikkannya cerita-cerita yang ada di buku
-Mereka harus merawat buku yang dibelikan mama
-Buku adalah sesuatu yang normal dan bagian dari kehidupan yang diharapkan.

Yang bisa Anda lakukan:
-Bersabarlah. Anak Anda mungkin ingin mendengar kisah dari buku yang sama terus terusan. Turuti saja.
-Cobalah fleksibel. Loncat-loncat halaman, mulai dari halaman tengah, membaca berulang-ulang halaman tertentu, berhenti untuk mendiskusikan sebuah ilustrasi. Semua itu menandakan dia tertarik, dan hal itu lebih penting daripada membaca halaman demi halaman secara berurutan.
-Berikan buku yang lebih tebal. Setelah dia berusia 3 tahun, kebanyakan anak siap untuk diberi buku-buku cerita dengan teks yang lebih panjang, plot yang lebih aktual dan ilustrasi yang lebih kompleks. Buku-buku untuk usia ini gambar-gambarnya sering membuat si kecil betah berlama-lama mengamati setiap detail. Selain itu, plot ceritanya bisa bikin mereka tertawa dan penasaran ini membuat si kecil yang punya rentang perhatian pendek tetap ingin tahu isi halaman berikutnya.
-Perluas koleksi Anda. Buku-buku non fiksi bisa jadi awal yang baik untuk berlatih, dan buku-buku favorit si kecil akan membuat dia selalu ingin membaca lagi. Buku-buku tentang menyambut kelahiran adik bayi, mulai bersekolah, atau aktivitas sehari-hari (seperti ke dokter gigi) bisa terlalu serius buat si 4 tahun.
-Ajukan pertanyaan. Apa yang menurutmu akan terjadi selanjutnya? Kenapa si kelinci mengambil wortel? Apakah menurutmu ide yang bagus untuk berbohong pada papanya?
-Pergi ke perpustakaan. Petugas perpustakaan mungkin punya buku favorit yang bisa mereka rekomendasikan. Jadi, Anda bisa memilih salah satu dari buku-buku yang mereka sarankan. Boleh juga lho, membiarkan si kecil memilih sendiri buku yang menarik hatinya!
-Jangan memaksa. Beberapa anak senang membaca keras-keras. Beberapa yang lain tidak. Dukung dia, berikan buku-buku yang baik, tapi jangan paksa dia untuk membaca. Si kecil akhirnya akan belajar membaca dan siapa tahu dia malah segera menjadi kutu buku.
-Anda sendiri juga harus membaca. Kalau Anda tak senang membaca, mana mungkin anak Anda akan senang membaca?

Yang harus diperhatikan ketika memilih buku:
-Irama. Pengulangan kata-kata yang mirip akan mengajarkan dasar-dasar bunyi pada si kecil. Tapi buku-buku itu rata-rata menyenangkan, kok!
-Gambar-gambar dengan banyak hal yang bisa dipelajari. Ada banyak hal menyenangkan yang bisa digali dari beragam ilustrasi yang ada di dalam sebuah buku.
-Tak ada batasan waktu. Buku-buku baru memang oke, tapi boleh juga mencari literatur anak klasik seperti Make Way for Ducklings karya Robert McCloskey, atau The Cat in the Hat, oleh Dr. Seuss. Selalu ada alasan kenapa buku-buku itu jadi favorit.
-Buku-buku berbasis TV . Buku-buku yang berdasarkan acara TV favorit atau karakter boleh-boleh saja dibacakan untuk memperkaya imajinasi anak bahwa si karakter menjadi nyata di halaman buku itu, atau di dalam pikiran si anak.

TAMAN KANAK-KANAK DAN SESUDAHNYA

Yang mereka sukai dari buku:
-Membaca itu asyik
-Dengan membaca buku yang juga dibaca teman-teman, mereka merasa jadi bagian kelompok, dan tahu informasi terkini tentang tokoh-tokoh pujaan atau pahlawan di dunia anak-anak.
-Pasti ada buku untuk topik apa pun di dunia ini
Kalau kamu baca setiap buku yang sedang jadi tren, kamu akan merasa sangat keren
-Saat membaca buku adalah saat meringkuk santai

Yang akan mereka pelajari:
-Cara membaca
-Cara mengikuti alur cerita dari bab ke bab
-Cara menggunakan imajinasi mereka

Yang bisa Anda lakukan:
-Tetaplah membacakan untuknya. Mengingat rentang perhatian anak Anda dan kapasitas dia untuk memahami plot dan bahasa yang kompleks, akan lebih baik bila Anda membacakan untuknya daripada dia membaca sendiri. Jadi, sebelum dia benar-benar lancar membaca, tetaplah membacakan untuknya.
-Tak usah menggurui. Anda mungkin bisa bergantian membaca paragraf, halaman atau bab tertentu jika anak Anda menginginkannya. Tapi, tak usah memaksa. Jadi, jangan ubah waktu membaca jadi waktu untuk berlatih membaca, kecuali kalau anak Anda memang menginginkannya.
-Berikan kelimpahan. Sediakan banyak bab menarik, buku-buku cerita, dan buku-buku gambar dengan beragam topik.
-Biarkan dia tak bisa diam. Kalau dia seperti cacing kepanasan, biarkan dia tetap melakukan kegiatannya sambil mendengarkan. Anda sendiri kan, juga bisa mendengarkan radio sambil cuci piring. Jadi, biarkan dia mendengarkan Anda bercerita sambil asyik menggambar, menyisir rambut, atau main boneka.
-Pilih dengan penuh pertimbangan. Pilih buku-buku yang memuat nilai-nilai berharga untuk keluarga Anda, lalu diskusikan.
-Usahakan tetap ringan. Membaca itu menyenangkan, jadi, jangan biarkan terasa seperti beban berat.

Yang perlu diperhatikan saat memilih buku:
-Gambar-gambar. Bisa membantu menggambarkan apa yang ada di dalam teks.
-Bab-bab pendek. Dan kalimat-kalimat pendek. Anda bisa mempertahankan motivasi si pembaca baru dengan membiarkan dia sukses membaca sebuah buku, menyelesaikan bab demi bab, sampai akhir.
-Kisah-kisah nyata. Kekaguman anak-anak yang lebih besar tentang dunia berarti mereka siap untuk membaca plot-plot yang lebih menyentuh.
-Ketertarikan anak Anda. Kesadaran akan diri sendiri yang makin berkembang membuat buku-buku dengan topik-topik favorit mereka jadi lebih menarik.
-Buku kesukaan semasa kanak-kanak. Pasti menyenangkan bagi Anda berdua, untuk menceritakan kenangan akan buku-buku favorit Anda kepada anak. Apalagi untuk membacakannya.

Source: Pustaka Lebah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s