Mama Anti MainStream

Akhir-akhir ini demen banget ama istilah ANTI MAINSTREAM, kalo di search di google tuh artinya kurang lebih sesuatu atau seseorang yang diluar kebiasaan, meaning ANEH? Uhm, gak juga maksudnya aneh yang keren #halah, susyah ajah ngomongnya ya..hihihi
Peraturan di rumah tentang belajar dan tetek bengeknya telah ditetapkan sedemikian rupa atas anak-anak, tiap pulang sekolah yang dikerjakan adalah istirahat, selepas magrib mengaji *wajib* sedangkan belajar tidak wajib, tergantung dari hasil yang bisa dilihat dari pelajaran harian di sekolah, kalo kurang mengerti tentang pelajaran tersebut maka perlu pengulangan dan itu saya lakukan sendiri di rumah tapi jika sudah paham, bebas melakukan apa yang menjadi passion mereka, crafting, drawing, maen musik atau apa saja, dan sejauh ini tanpa les tambahan. Sempat Belva les privat di rumah itupun terserah dengan guru nya, lebih banyak hadir hanya disaat ulangan saja, tapi justru di klas 6 ini dia tanpa les karena guru nya resign akibat pendarahan saat kehamilan. Saya tipikal ortu yang nyantai tidak suka menekan anak, dan berlaku untuk ketiga nya. Alhamdulillah, justru mereka nyaman dalam belajar dan mengexplore diri sehingga mampu mengikuti pelajaran dengan baik di sekolah dan mendapatkan nilai yang lebih dari sekedar bagus..

Beberapa hari lalu ada rapat di sekolah kak Belva, membahas tentang persiapan UNAS, wali murid yang hadir lumayan banyak, syukurlah, biasanya sih gak sebanyak itu, paling tidak sudah kelihatan kalo mereka juga ingin tahu banyak tentang UNAS. Rapat membahas tentang NEISL (latihan mengerjakan soal2 indikator UN), tryout, perhitungan Ijazah (pusing ih), bagaimana daftar masuk SMP, lanjut Motivasi untuk orang tua. Kebetulan dua minggu sebelumnya murid kelas 6 mengadakan acara MaBiT, yaitu Malam Bina dan Taqwa, sebagai pembekalan anak-anak menjelang UN. Termasuk didalam nya melihat kesiapan anak-anak secara psikologi dengan pengisian Form yang telah disediakan, selain itu Motivasi, menjelaskan bagaimanapun UN harus dihadapi dengan tenang, jujur serta menyerahkan sepenuhnya hasil kepada Allah SWT, setelah sebelumnya telah berusaha belajar dengan cara yang terbaik baik di sekolah maupun di Rumah.
Saat pengisian Form psikologi tersebut memang harus sejujur-jujurnya, dan sebenarnya hasilnya adalah sebagai konsumsi ustadz/dzah serta pihak sekolah, tapi ternyata saat acara Rapat persiapan tersebut sebagian wali murid ingin sekali mengetahui hasil test psikologi tersebut *termasuk saya yang ngebet*. Alhamdulillah hasil form test psikologi kak Belva baik sekali. Ada beberapa bagian yang ditanyakan, antara lain tentang siapa dirinya, gangguan belajar dan style mama papa, termasuk hubungan dan cara berkomunikasi di rumah, sekilas saya baca, semua persis keseharian Kak Belva, dia mengisi dengan jujur, dan yang terpenting adalah kami sebagai orang tua terutama saya sebagai mama wajib berbangga hati, ternyata peraturan maupun komunikasi kami berjalan dengan baik sekali. Kak Belva mengisi semua form tentang orang tua dengan jawaban terbaik, Alhamdulillah Nak, itu menunjukkan bahwa Mama dan Papa telah menjadi orang tua yang Ideal dimata kamu..
Sedikit yang bisa saya Share disini adalah berusahalah untuk menjadi Orang Tua yang Baik dan Benar dengan belajar Ilmu Pengasuhan atau Parenting, dimanapun dan kapanpun, baca dan baca kemudian laksanakan. Saya berusaha menjadi orang tua sekaligus teman yang baik untuk anak-anak, dan selalu tekankan saya lah orang pertama yang tau tentang apapun yang mereka hadapi, itulah guna dari Komunikasi..

Peraturan atau Tata Tertib dirumahpun harus dikomunikasikan sedemikian rupa agar bisa diterima oleh semua pihak baik ortu maupun anak2. Ada reward adapula Sanksi, semua diharapkan ikut mentaati apa yang telah ditetapkan dan disepakati. Justru dengan begini anak-anak merasa dihargai dengan dilibatkan dan didengarkan..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s