Resolusi 2012, Meningkatkan Kesehatan Jiwa

Ada beberapa cara merawat kesehatan mental atau Jiwa,..
(a). Ekspresikan emosi kita, merupakan hal penting untuk meraih kesehatan positip, spt: tertawa, marah, menangis, gembira dan sedih adl emosi wajar yang mesti dikeluarkan. Bila ditahan sulit bagi orla merasa nyaman b’hubungan dg kita. Meski kita jg harus mengatur emosi tsb, trutama emosi negatif dan memahami kenapa perasaan itu timbul.
(b). Mempunyai tujuan hidup, kegiatan yang bermakna yang membuat kita merasa berharga akan memberikan kepuasan.
(c). Mencintai dan dicintai, hub.interpersonal yang penuh kasih sayang memperbesar rasa memiliki dan saling mendukung. Mempunyai kedekatan dengan seseorang membuat kita mampu membicarakan masalah dalam perspektif lebih objektif. Sebaliknya berempatu terhadap masalah orla akan memberikan kepuasan.
(d). Menerima diri sendiri, jgn terjebak pada perfeksionis untuk menjadi manusia dewa. Trimalah diri sbg individu yang berharga. Hargai apa yang kita capai slama ini drpd melototi kesalahan diri.
(e). Menjadi pribadi lentur. Khidupan selalu berubah, sering kita harus berjuang keras drpd sekedar bertahan. Trimalah hal baru dan sgra beradaptasi. Buka diri pengalaman baru untuk mengatasi ketakutan kita.
(f). Menemukan keseimbangan. Buatlah prioritas hidup dan sediakan waktu. Ada waktu untuk bekerja, untuk keluarga dan teman2, untuk melakukan hobi, untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa dan untuk diri sendiri. Merenung dalam keheningan sangat berguna.
Satu hal yang musti diingat, kesehatan mental tidak dipengaruhi apa yang terjadi pada kita. Tapi bgmana kita memaknai apa yang terjadi pada kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s